rejekinaga - bisnis online untuk pemula
Semakin hari semakin banyak pengusaha-pengusaha baru di bisnis online atau e-commerce,tidak heran saat ini banyak perusahaan besar dan kecil termasuk yang kelas mikro berlomba-lomba memenangkan persaingan di bisnis berbasis online sampai-sampai tanggal 12 desember di jadikan sebagai hari belanja online nasional ( harbolnas )
Melihat beragam peluang di bisnis online tidak semua orang bisa dengan mudah memasukinya sebab persaingan sudah sangat ketat masing-masing berusaha melakukan beragam trik untuk menarik minat orang.Untuk itu seorang pengusaha online harus mencari cara jitu membuat orang terkoneksi dengan produk yang di jualnya.
Berikut beberapa tips bisnis online untuk pemula :
-Share
Mulai dengan share jangan sell binalah hubungan yang baik dengan klien anda maka untuk itu jangan hanya menyebarkan info jualan ke beragam alamat email,sms,bbm,whatsapp dan line dan sejenisnya ke relasi kita karena akan di anggap spam dan mengganggu.
Untuk itu cobalah lebih banyak berkisah ,ceritakanlah hal-hal menarik yang inspiratif,baik yang berhubungan langsung dengan produk atau yang bahkan tidak ada hubungannya sama sekali.cara tersebut akan lebih mampu menjalin kedekatan.Jika sudah dekat jual apa pun akan lebih mudah.
-Jangan jadi robot jadilah manusia
Dengan kemudahan dan kecanggihan teknologi kadang kita acap kali memblasting sebuah pesan dengan penjadwalan tertentu namun karena di lakukan oleh mesin bahasa yang kita sampaikan terkesan sangat kaku,padahal sebenarnya setiap orang butuh disapa dengan cara yang akrab.
Maka coba selipkan pesan-pesan bernada sapaan anak muda atau sapaan yang sesuai dengan pasar yang hendak kita tuju intinya jangan menjalin percakapan dengan cara yang kaku.
-Berikan respons positif jangan abaikan feedback yang di berikan.
Luangkan waktu untuk selalu menjawab semua pesan yang masuk bahkan kalau perlu komentar yang bernada iseng pun bisa jadi pancingan untuk menjalin keakraban.Untuk itu jika ada pesan apapun yang masuk sempatkan waktu barang sejenak atau lebih baik pilih waktu tertentu dalam sehari untuk merespons komentar-komentar yang ada.
-Jalin empati dengan pelanggan
Salah satu trik yang unik dan patuh dicoba caranya search keluhan pelanggan misalnya kalau jualan baju search "baju tidak sesuai foto" saat menemukan status berhubungan dengan hasil pencarian itu coba sapa dengan nada empati,tanpa nada menjatuhkan misalnya sayang banget produknya kurang pas ya.tapi semoga hari anda tetap menyenangkan ya.salam ( sebutkan nama identitas sosial media produk anda) .cara semacam ini kerap kali bisa membuat orang yang merasa kurang puas akan menghubungi anda jika anda bisa memberikan layanan dan hasil lebih baik. siap-siap saja dia akan menjadi pelanggan tetap anda.
-Pentingnya ucapan terima kasih
Sepele tapi jangan lupa ucapan terima kasih kepada pelanggan adalah hal yang akan membekas di benak mereka.sebuah kajian dari donorschoose menemukan fakta bahwa donatur yang diberikan ucapan terima kasih setelelah memberikan sumbangan kemungkinan menyumbang lagi mencapai 38% jadi ucapan terima kasih kepada pelanggan sangat penting untuk membuat mereka bisa menjadi pelanggan tetap anda.
-Bagikan tips dan kiat penting
Banyak orang merasa terbantu oleh tulisan-tulisan inspiratif yang kita buat.oleh karena itu muatan tulisan tips juga bisa kita manfaatkan untuk memancing orang agar lebih banyak datang ke lapak kita misalnya kalau kita jualan mainan coba buat tips memilih mainan yang aman untuk anak.
sumber : andirewongso
EmoticonEmoticon