sejarah whatsapp yang perlu diketahui

Mei 04, 2017
whatsapp
sejarah whatsapp yang perlu diketahui

rejekinaga - sejarah whatsapp yang perlu diketahui


Hingga 2017 pengguna aktif whatsapp 1.2 miliar per bulan.whatsapp adalah gagasan brilian dari duet brian acton dan jan koum pada tahun 2009.

Sebenarnya whatsapp bukan layanan messaging pertama tapi beberapa keunggulan dan inovasi membuatnya cepat melesat cukup dengan nomor telepon pengguna bisa menambah kontak dan yang paling utama whatsapp mudah di gunakan dan bebas dari iklan yang mengganggu.

Sejarah pendirinya whatsapp.Koum lahir dan di besarkan di sebuah desa di ukraina ayahnya seorang manajer konstruksi dan ibunya hanya seorang ibu rumah tangga.

Koum adalah keturunan yahudi dan orang tua koum jarang menggunakan telepon karena takut disadap dan bisa berakibat buruk.

Ketika koum berusia 16 tahun pada 1990 ia dan ibunya bermigrasi ke mountain view amerika serikat langkah ini di pandang paling aman karena gejolak politik dan gerakan anti yahudi semakin besar di ukraina.Ayahnya berencana segera menyusul namun sayangnya tidak pernah kesampaian karena ia meninggal di tahun 1997.

Mereka hidup serba kekurangan,ibunya bekerja sebagai pengasuh bayi dan koum kadang menyapu toko untuk mendapatkan upah.

Sangkin miskinnya mereka hidup dari makananan subsidi pemerintah,mereka tinggal di apartemen dengan dua kamar tidur yang juga di biayai pemerintah amerika serikat.Cobaan kembali datang setelah ibunya koum di diagnosa menderita kanker.Beliau meninggal dunia di tahun 2000.

Semasa remaja koum di kenal sebagai murid nakal dan sering terlibat perkelahian di sekolah.Meski bandel koum adalah bocah yang pintar pada usia 18 tahun dia berinisiatif untuk belajar networking komputer secara otodidak dan bergabung dengan kluk hacker berjulk w00w00.

Koum kuliah di san jose stake university.sambil kuliah dia bekerja sambilan di beberapa tempat antara lain sebagai pengujicoba sistem sekuriti di ernst & young.

Tahun 1997 koum bertemu dengan brian acton yang kala itu bekerja di yahoo.koum iseng melamar kerja di yahoo dan di terima sebagai teknisi infrastruktur.saat di terima di yahoo koum masih berstatus kuliah suatu saat server yahoo rusak dan koum masih beradi di ruang kelas mengikuti perkuliahan mendadak salah satu pendiri yahoo david filo menelepon nya dan meminta tolong.

Cepat datang ke kantor ,apa yang kamu lakukan di kelas.perintah filo yang tidak peduli koum sedang kuliah saat itu.Koum menyanggupi permintaan filo setelah kejadian itu dia memutuskan untuk drop out kuliah sepenuhnya dan fokus bekerja.

Setelah ibunya meninggal di tahun 2000 koum menjadi yatim piatu beruntung acton terus mendukung nya dan mereka pun menjadi sahabat karib.

Acton sempat berinvestasi di perusahaan internet pada tahun 2000-an namun menuai kegagalan dan rugi besar.Semasa bekerja di yahoo koum sempat bekerja di proyek iklan dan ia sangat membencinya.''menangani iklan itu membuat depresi,hidup anda tidak akan lebih baik dengan iklan''katanya mungkin itulah alasan whatsapp bebas iklan.

Dengan berbagai pertimbangan di bulan september 2007 koum dan acton sepakat keluar dari yahoo.Selama setahun mereka bersenang-senang dan berwisata ke amerika selatan sekembalinya dari liburan mereka berdua mencoba melamar kerja di facebook sayang sekali keduanya di tolak.

Januari 2009 koum membeli iphone dan dia menyadari toko aplikasi Appstore akan menjadi bisnis yang besar mendadak dia memiliki ide menarik.

Suatu hari dia ikut berkumpul di kediaman pria bernama Alex fishman dimana setiap minggu komunitas orang rusia berkumpul disana ,Koum mengobrol soal ide mentahnya mengenai cikal bakal whatsapp.

Jan menunjukkan padaku buku alamat kontaknya di telepon dia pikir akan keren jika bisa memiliki status di samping nama individu kata fishman,status itu akan menunjukkan apakah individu itu sedang sibuk,baterainya hampir habis atau sedang berada di gim.

koum kemudian menemukan ide untuk menamakan program tersebut dengan nama whatsapp yang terdengar familiar seperti kalimat whats up,seminggu kemudian pada 24 februari 2009 koum mendirikan perusahaan whatsapp inc di california.Aplikasi itu sejatinya belum dibuat namun dia nekat jalan terus.

Koum menghabiskan waktunya melakukan kode untuk sync aplikasi dengan nomor ponsel di seluruh dunia. WhatsApp versi awal pun jadi. Namun demikian, aplikasi itu belum sempurna dan sering crash. Saat peluncurannya, hanya ratusan jumlah download, kebanyakan teman teman Fishman dan Koum sendiri.

Koum hampir saja berhenti di tengah jalan dan berniat mencari pekerjaan saja. Namun Acton mencegahnya, ia melihat potensi besar WhatsApp. "Kamu idiot jika berhenti sekarang. Berikan waktu beberapa bulan lagi," kata Acton ketika itu.

Koum pun jalan terus meski ragu-ragu. Pertolongan kemudian datang dari Apple yang meluncurkan push notifications di Juni 2009. Fitur ini memungkinkan Koum memodifikasi WhatsApp sehingga setiap kali pengguna mengubah status, otomatis mengabarkan pada setiap orang di jaringan.

"WhatsApp kemudian menjadi instant messaging," kata Fishman. Jan menyadari ia telah menciptakan WhatsApp sebagai instant messaging baru dari sebelumnya hanya ditujukan sebagai aplikasi untuk update status di kontak

Saat itu, layanan messaging populer yang menjadi pesaing hanya BlackBerry Messenger (BBM), namun kelemahannya terbatas hanya bisa digunakan di BlackBerry. Koum kemudian merilis WhatsApp 2.0 dengan fitur messaging dan jumlah penggunanya naik menjadi 250 ribu.

Potensi WhatsApp membuat Acton semakin tertarik. Ia berhasil menarik pendanaan dari lima orang mantan karyawan Yahoo senilai USD 250 ribu. Acton pun bergabung secara resmi dan bersama Koum, mereka memiliki saham WhatsApp sampai 60%.

WhatsApp pun kemudian dibuat untuk bermacam platform populer termasuk iPhone, Android dan BlackBerry. Mereka memilih metode aplikasi berbayar dan akhirnya mampu menuai pendapatan USD 5000 per bulan di awal tahun 2010.

Pada Desember 2009, WhatsApp untuk iPhone bisa dipakai untuk mengirim foto. Kemudian semenjak itu, pertumbuhan user WhatsApp tak terbendung. Awal tahun 2011, WhatsApp sudah masuk top 20 aplikasi di App Store Amerika Serikat.

Koum sendiri masih terkesan malu malu dan tak mau mempublikasikan WhatsApp secara berlebihan. "Marketing dan media membuat Anda malah tidak fokus pada produk," kata Koum.

Kesuksesan luar biasa WhatsApp membuat investor berdatangan ingin berinvestasi. Akhirnya Koum dan Acton memutuskan untuk menerima pendanaan senilai USD 8 juta dari Sequoia.

Pada bulan Februari 2013, jumlah pengguna WhatsApp sudah tembus 200 juta dan terus tumbuh. Sequia kembali menanam dana USD 50 juta dan membuat WhatsApp bernilai USD 1,5 miliar.

Potensi WhatsApp yang luar bisa membuat Facebook dan Google berebut meminangnya. Akhirnya, para pendiri WhatsApp setuju dibeli Facebook senilai USD 19 miliar pada tahun 2014.

Koum pun bisa tertawa lebar. Kerja keras dan hidupnya yang penuh perjuangan sudah berujung kesuksesan berkat WhatsApp. Kekayaan Koum yang memiliki banyak saham WhatsApp saat ini diperkirakan senilai USD 9,7 miliar.

Kendati sudah dibeli Facebook, Koum berjanji WhatsApp tidak akan banyak berubah. Dan tidak akan dimasuki iklan.

"Tiada yang lebih personal dari komunikasi yang Anda lakukan dengan teman dan keluarga, dan menginterupsi hal itu dengan iklan bukan solusi yang tepat," tutur Koum.

"Lagipula, aku tumbuh di sebuah dunia yang tak kenal iklan. Tak ada iklan di Uni Soviet yang komunis," imbuhnya.

sumber : detik

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »