sempat memanas dan hampir anarkis kronologi penahanan ahok 9 mei 2017 dari pengadilan ke cipinang hingga mako brimob

Mei 10, 2017
9 mei 2017
sempat memanas dan hampir anarkis kronologi penahanan ahok 9 mei 2017 dari pengadilan ke cipinang hingga mako brimob

rejekinaga - sempat memanas dan hampir anarkis kronologi penahanan ahok 9 mei 2017 dari pengadilan ke cipinang hingga mako brimob

Selasa 9 mei 2017 menjadi saksi bisu tepat jarum jam menunjukkan pukul 08.00 wib.Petugas pengadilan negeri jakarta utara hilir mudik menjaga tempat duduk di kedua sisi ruang.Dibarisan kanan di penuhi pengunjung dengan atribut merah putih dan di sayap kiri rombongan advokat cinta tanah air ( ACTA ) lengkap dengan pakaian dan peci putih. takbir menggema di ruangan .'Allahu akbar ."

Pukul 08.50 wib rombongan jaksa penuntut umum di pimpin jaksa senior ali mukartono memasuki ruangan sidang.dibelakangnya menyusul lima orang majelis hakim dipimpin dwiarso budi.Selesai membaca tata tertib dwiarso memerintahkan petugas menghadirkan ahok di ruang sidang.''silahkan petugas memanggil terdakwa.'' kata dwiarso.

Ahok yang mengenakan batik corak putih biru dengan langkah santai menuju ke kursi pesakitan tidak nampak senyum di wajahnya.selama satu jam majelis hakim secara bergantian membacakan amar putusan.

Jam 10.20 wib ketua DPRD DKI Jakarta prasetyo edy marsudi datang dan langsung duduk dikursi pengunjung hanya berselang 25 menit berada di ruang sidang prasetyo keluar,sekitar 10 menit kemudian hakim ketua dwiarso membacakan vonis untuk ahok " terbukt bersalah meyakinkan telah melakukan penodaan agama pidana penjara dua tahun," kata dwiarso saat membacakan amar putusan.

Dengan wajah serius dan raut wajah yang sedih tangan kiri ahok membetulkan letak kacamata yang di kenakannya.posisi duduknya pun langsung berubah,kedua tangan nya di rapatkan di depan dada.suara isak tangis para pendukung ahok terdengar memenuhi ruangan sidang.

Dwiarso kemudian bertanya kepada ahok,apakah ahok mau mengajukan banding atas vonis yang di jatuhkan?.Ahok berdiri dan berjalan menghampiri tim kuasa hukum untuk meminta konsultasi setelah itu dia kembali duduk di kursi pesakitan dan memegang microphone " saya banding yang mulia," kata ahok dengan nada rendah dan sedih.

Prasetyo edi yang sempat meninggalkan ruang sidang kembali masuk dan menghampiri serta menjabat tangan suami veronica tan.Ahok kemudian di giring ke mobil polisi menuju rutan cipinang.

Ratusan massa hingga malam hari terus menggelar aksi di depan rumah tahanan cipinang jakarta timur.Tuntutan mereka satu bebaskan gubernur DKI basuki t purnama dari vonis dua tahun penjara kasus penistaan agama.

Ratusan ahoker follower ( ahoker ) mulai memanas dan membakar kardus bekas nasi ada juga yang menyalakan lilin ,karangan bunga juga mulai berdatangan.

melihat kondisi dan keadaan yang kurang kondusif dan teman-teman yang di dalam rutan cipinang terusik kepala lapas cipinang berkordinasi dengan kementerian hukum dan HAM.

"Atas permintaan Kementerian Hukum dan HAM selaku otoritas Rutan Cipinang, maka penahanan saudara Ahok dipindahkan ke Mako Brimob," kata Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo di Rutan Cipinang, Jakarta, Rabu (10/5).

Dikatakan Andry, Ahok dipindah dari Rutan Cipinang ke Mako Brimob menggunakan kendaraan dinas. Namun dia tidak menyebut secara rinci waktu pemindahan.

Andry hanya menjelaskan bila Ahok dipindahkan bersamaan dengan kepulangan istrinya, Veronica Tan. "Barusan pindah, saya tegaskan sudah dipindah. Bebarengan dengan Bu Vera," ujar dia.
Setelah di pindahkan ke mako brimob situasi di rutan cipinang kembali normal dan massa mulai membubarkan diri.

sumber : merdeka

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »