tips menjalankan usaha baru

Mei 13, 2017
bisnis baru
tips menjalankan usaha baru


rejekinaga - tips menjalankan usaha baru

Sembilan puluh enam persen bisnis kecil yang di mulai selalu gagal dalam jangka waktu sepuluh tahun hal ini bukan rahasia.

Mengapa hal ini selalu terjadi dan bagaimanakan pebisnis sukses mempertahankan bisnisnya sejak awal?

Berikut data dan fakta yang perlu anda perhatikan : 


1.Blue print
Tanyakan pada semua arsitek bisakah mereka memulai sebuah pembangunan rumah tanpa blueprint?Demikian juga dalam memulai sebuah bisnis,banyak bisnis dimulai dengan kecil-kecilan akhirnya sampai tua masih kecil-kecilan.
Coba mulai lah membuat rancangan sederhana yang bisa menjawab siapa anda? apa yang anda lakukan ? bagaimana anda melakukannya? siapa yang anda layani ? mengapa anda mau melakukan apa yang anda lakukan ?

2.Lokasi yang tepat sasaran
Sasaran pasar atau target market anda menentukan dimana anda akan menempatkan tempat usaha anda.jika anda menjual makanan pastikan anda berada di tengah-tengah kerumunan orang yang kelaparan.coba cari lokasi yang belum memiliki banyak saingan atau lihat tren yang sedang berlaku di pasar tersebut.

Ketahuilah berapa besar traffic target pasar anda di lokasi tersebut lokasi tersebut bisa di rumah sendiri,mall,ruko,bandara atau perkantoran.jika anda menjual jajanan untuk anak dengan harga murah lokasi di dekat sekolah akan menambah kemungkinan penjualan anda.

3.Quality Standard
Standar kualitas apa yang anda tawarkan? harga rendah kualitas tinggi? atau harga tinggi kualitas rendah? atau harga rendah kualitas rendah?atau harga tinggi kualitas rendah?

Mengapa kualitas ini penting?karena dengan adanya kualitas anda dapat menentukan dan menyaring siapa saja calon customer ideal anda.

4.Team Player
Kesuksesan bisnis selalu ada dalam team bisnis anda ( rekan kerja ) untuk itu pilih lah karyawan yang tepat bukan hanya skill tapi karakternya juga.

Cari karyawan yang memiliki karakter yang positif lalu latih skill yang di butuhkan.Sebanyak 80% pemilik bisnis pemula memulai bisnis dengan mengajak keluarga dan faktanya tidak semua anggota keluarga bisa bersikap profesional kecuali jika dalam blueprint bisnis anda memilih untuk mengembangkan bisnis keluarga.

5.Training and coaching
Pola pelatihan apa yang harus di persiapkan?semua bisnis wajib memiliki konsistensi dalam melatih individu yang bersatu mendukung suksesnya bisnis anda.

Pelatihan ini bisa di bagi menjadi beberapa kategori :
-Mindset atau pola berpikir
-Values training untuk menyelaraskan corporate value
-skill training untuk melatih skill yang spesifik
-Coaching untuk memantau progress setiap kepala divisi

6.Cost Control
Bagian ini sering kali menjadi musuh departemen bisnis,mengingat biaya yang sangat mudah membengkak termasuk biaya-biaya yang tidak berhubungan dengan penjualan.

Untuk itu sejak awal jangan ragu untuk mengetatkan biaya.Jika tidak menghasilkan laba jangan keluarkan biaya.

7.Sales and marketing
Bisnis tidak pernah tumbuh hebat tanpa adanya kekuatan sales and marketing .Jika cost contro digunakan untuk menghentikan biaya yang tidak berhubungan dengan laba maka sales and marketing adalah biaya yang tidak pernah boleh dihentikan.

Buatlah marketing plan secara detail.Lakukan media research, beriklan lah di tempat yang memiliki banyak pembaca yang sesuai dengan target market anda.

Jangan pernah berhenti mencoba untuk menemukan cara terbaik menggaet pasar.gunakan cara gerilya atau open war untuk penyesuaian budget.

8.Just do it 
Tanpa tindakan nyata bisnis anda hanya angan-angan belaka.

Mulailah mencari usaha dari pengetahuan dan pemikiran anda yang benar dan positif.
Carilah mentor atau para pebisnis yang sudah memulai lebih dahulu dari anda,anda bisa belajar dari kegagalan dan kesuksesan mereka.

sumber : andriewongso

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »